Kamis, 06 Oktober 2011

penyusunan program catur wulan

Sub Pokok Bahasan Ke Tujuh
Perencanaan Program Pengajaran
Perencanaan strategis termasuk semua kegiatan yang menuju pada perkembangan dari misi organisasi yang jelas, tujuan organisasi, dan strategi yang cocok untuk mencapai tujuan-tujuan bagi seluruh organisasi. Ungkapan tersebut di atas menunjukkan bahwa perencanaan merupakan bagian pekerjaan yang sangat penting bagi seorang pemimpin untuk mencapai keberhasilan. Tanpa perencanaan, kegiatan yang ingin diselesaikan akan dilaksanakan tanpa arah atau patokan yang jelas. Maka untuk mengkoordinasi langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan yang diinginkan, kita harus mempunyai perencanaan yang jelas dan terarah. Dengan perencanaan yang jelas dan terarah tersebut diharapkan kita akan mempunyai patokan dalam mengambil tindakan-tindakan dalam pekerjaan kita.
Pengajaran dilaksanakan dalam waktu tertentu misaknya: 3 tahun untuk jenjang SLTP dan SLTA,dan 6 tahun unuk sekolah dasar. Karena dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu, baik lama maupun singkat perlu disusun dalam satu program. Ada program yang mencakup seluruh masa belajar misalnya 6 tahun untukSD dan 3 tahun untuk SLTA Sub dan ada juga program yang lebih singkat yaitu program tahunan, semesteran/caturwulan, program mingguan dan sebagainya.
1. Program untuk jangka waktu agak panjang
Berdasarkan kurikulum1984, di SLTP dan SLTA digunakan program belajar semester, sedang di SD tetap digunakan program belajar catur wulan.
Catur wulan merupakan suatu periode waktu belajar dalam periode waktu tersebut siswa-siswa diharapkan menguasai satu kesatuan pengetahuan, sikap dan keterampilan tertentu.
Dalam garis-garis besar program pengajaran telah ditulis dengan jelas tujuan-tujuan dan pokok bahasan yang disediakan untuk setiap catur wulan. Tujuan dan pokok bahasan dalam satu catur wulan mungkin membentuk satu kesatuan kecakapan / keterampilan atau pengetuan terpadu tetapi mungkin juga membentuk suatu kumpulan tujuan atau pokok bahasan saja. Rumusan GBPP yang bagus sebaiknya membentuk satu kesatuan.
Unsur yang terkandung dalam program catur wulan biasanya yaitu 1) tujuan, 2)pokok/satuan bahasan, 3) metode mengajar, 4)media dan sumber, 5) evaluasi pengajaran, 6)waktu 7) dan lain-lain.
2. Program untuk jangka waktu pendek
Dari program catur wulan perlu dijabarkan lagi program-program untuk jangka waktu yang pendek misalnya program untuk setiap pokok atau bahasan. Program untuk setiap pokok atau bahasan pada dasarnya program mingguan atau harian dan dewasa ini lebih dikenal dengan nama satuan pelajaran.
Sub pokok bahasan Ke delapan
Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan
Dalam Perencanaan Program Pengajaran
1. Kurikulum
Dalam perencanaan atau penyusunan suatu program pengajaran hal yang perlu mendapat perhatian adalah kurikulum terutama GBPPnya. Dalam GBPP telah tercantum tujuan kurikuler, tujuan instruksional, pokok bahasan serta jam pelajaran untuk mengajarkan pokok bahasan tersebut. Dalam penyusunan program catur wulan rincian pokok bahasan menjadi sub atau sub-sub pokok bahasan perlu juga memperhatikan waktu yang tersedia.
2. Kondisi Sekolah
Perencanaan program pengajaran juga perlu memperhatikan keadaan sekolah, terutama tersedianya sarana dan prasarana dan alat bantu pengajaran. Saran dan alt bantu pelajaran ini menjadi pendukumg terlaksananya aktivitas barajar. Guru tidak mungkin melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan bak pasir jika di sekolah tidak tersedia bak pasir.
3. Kemampuan dan Perkembangan Siswa
Dalam menyusun atau merencanakan program pengajaran perlu komponen siswa juga perlu mendapat perhatian. Agar bahan dan cara belajar ini sesuai dengan kondisi siswa, maka penyusunan skenario / progaram pengajaran perlu disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan siswa.keluasan dan kedaklaman bahan ajaran perlu disesuaikan dengan kemampuan dan perkembangan siswa.
4. Keadaan Guru
Keadaan dan kemampuan guru sesungguhnya tidak perlu menjadi hal yang perlu diperhatikan, sebab guru dituntut memiliki kemampuan dalam segala hal yang berkenaan dengan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran. Kalau pada suatu hari ia memiliki kekurangan ia dituntut untuk segera belajar / meningkatkan dirinya.
Sub Pokok Bahasan Ke Sembilan
Pengertian Dan Penggolongan Tujuan Pengajaran

Tidak ada komentar: